Contoh RPP Pesawat Sederhana SMP Kelas VIII Kurikulum 2013 - Sebagai pedoman dalam melaksanakan pembelajaran di kelas. Pada Kesempatan kali ini admin akan berbagi tentang Contoh RPP Pesawat Sederhana SMP Kelas VIII Kurikulum 2013. Untuk lebih jelasnya silahkan simak Contoh RPP Pesawat sederhana dibawah ini.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMP/MTs...............................
Mata Pelajaran : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Kelas/ Semester : VIII / Semester 1 (satu)
Materi : Pesawat Sederhana
Alokasi Waktu : 2 JP (1 Kali TM)
A. Kompetensi Inti
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.\
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Mengolah, menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar
3.1 Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
3.5 Mendeskripsikan kegunaan pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari dan hubungannya dengan kerja otot pada struktur rangka manusia.
4.5 Melakukan penyelidikan tentang keuntungan mekanik pada pesawat sederhana
C. Indikator
3.5.1 Mengidentifikasi jenis pesawat sederhana yang terdapat di sekitar peserta didik.
3.5.2 Mendeskripsikan kegunaaan pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari.
3.5.3 Menjelaskan prinsip kerja pesawat sederhana pada otot dan rangka manusia.
4.5.1 Menyelidiki keuntungan mekanik pesawat sederhana
D. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, peserta didik diharapkan dapat :
1. Melakukan identifikasi jenis serta kegunaan pesawat sederhana yang ada di lingkungan sekitar peserta didik
2. Melakukan penyelidikan keuntungan mekanik pesawat sederhana
3. Menjelaskan keterkaitan prinsip kerja pesawat sederhana dengan prinsip kerja otot dan rangka manusia
E. Materi Esensial
Pesawat sederhana adalah alat yang dapat digunakan untuk mempermudah pekerjaan manusia.
# Macam-macam Pesawat Sederhana dan Keuntungan Mekaniknya #
1. Katrol
Ada tiga jenis katrol yaitu, katrol tetap tunggal, katrol bebas tunggal, dan katrol gabungan atau majemuk.
1. Keuntungan mekanik katrol tetap sama dengan 1. Jadi, katrol tetap tunggal tidak menggandakan gaya kuasa.
2. Keuntungan mekanik dari katrol bebas lebih besar daripada 1. Pada kenyataannya keuntungan mekanik dari katrol bebas tunggal sama dengan 2.
3. Keuntungan mekanik dari katrol majemuk sama dengan jumlah tali yang menyokong berat beban.
2. Roda berporos
Roda berporos memiliki fungsi untuk mempercepat gaya.
3. Bidang miring
Keuntungan mekanik bidang miring dapat dihitung dengan membagi jarak kuasa dengan jarak beban.
KM= (Gaya beban)/(Gaya Kuasa)= (Panjang bidang miring)/(Ketinggian ) = l/h
4. Pengungkit
Keuntungan mekanik pengungkit dapat dihitung dengan membagi panjang lengan kuasa dengan panjanglengan beban.
KM= (Gaya beban (F_b )/(Gaya Kuasa (F_k )= (Lengan Kuasa (L_k )/(Lengan Beban (L_b )
Contoh Pesawat Sederhana yang ada di sekitar Peserta Didik
Ada banyak sekali contoh pesawat sederhana yang ada di sekitar siswa.
a. Gunting,termasuk pengungkit jenis pertama.
b. Katrol tunggal yang terpasang pada sumur, termasuk katrol tunggal.
c. Pisau, termasuk bidang miring.
d. Staples, termasuk pengungkit jenis ketiga
e. Tangga, termasuk bidang miring
f. Gear sepeda, termasuk roda berporos
g. Sekrup, termasuk bidang miring
h. Dongkrak mobil, termasuk pengungkit jenis ketiga
i. Dst
Prinsip Kerja Pesawat Sederhana pada Otot dan Rangka Manusia. Pada saat manusia melakukan suatu aktivitas, maka otot, tulang dan sendi akan bekerja bersama-sama.Prinsip kerja ketiganya seperti sebuah pengungkit, dimana tulang sebagai lengan, sendi sebagai titik tumpu dan kontraksi dan relaksasi otot memberikan gaya untuk menggerakkan bagian tubuh.
F. Pendekatan/Stategi/ Metode
1. Pendekatan : Scientific
2. Model Pembelajaran : Demonstrasi, Ceramah, Diskusi kelompok.
G. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media : Alat dan bahan demonstrasi
2. Alat dan bahan
No
|
Alat dan Bahan
|
Jumlah
|
1.
|
Gunting
|
1 buah
|
2.
|
Staples
|
1 buah
|
3.
|
Penjepit buku
|
1 buah
|
3. Sumber Belajar : Buku IPA SMP kelas VIII kurikulum 2013
H. Kegiatan Pembelajaran
1. Pendahuluan (10menit)
a. Guru member salam dan menyapa peserta didik.
b. Guru bersama peserta didik berdoa sebelum memulai pelajaran.
c. Guru mengabsen kehadiran peserta didik dan memeriksa kesiapan peserta didik untuk mengikuti pelajaran
d. Guru melakukan apersepsi dengan menceritakan pengalaman sehari-hariyang berkaitan dengan materi yang akan dipelajari.
e. Guru menyampaikan tujuan pembalajaran kepada peserta didik.
2. Inti (60 menit)
a. Guru mengajukan beberapa pertanyaan kepada peserta didik : “bagaimana cara kita memindahkan sebuah benda yang cukup berat keatas meja atau mencabut paku yang tertancap dikayu”?
b. Guru menunjukan beberapa contoh alat sederhana yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
c. Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok dan meminta masing-masing kelompok untuk mengamati contoh alat sederhana yang yang ditunjukkan oleh guru.
d. Guru menanyakan kepada siswa “apa yang dapat kalian amati dari alat-alat tersebut ?”dan meminta perwakilan dari kelompok untuk menyampaikan pendapatnya.
e. Guru menjelaskan secara singkat konsep pesawat sederhana pada tuas/ pengungkit dan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari.
f. Guru menjelaskan pengelompokkan jenis-jenis pengungkit berdasarkan letak titik tumpu, lengan kuasa, dan lengan beban.
g. Guru menjelaskan jenis-jenis pesawat sederhana lainnya yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari seperti katrol, bidang miring dan roda berporos.
h. Guru melakukan Tanya jawab kepada siswa mengenai materi yang belum dipahami.
i. Guru meminta siswa untuk berdiskusi sejenak dengan masing-masing kelompok guna memahami konsep pesawat sederhana.
3. Penutup (10 menit)
a. Peserta didik bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada pertemuan ini.
b. Guru memberikan latihan kepada peserta didik sebagai bahan evaluasi terhadap pembelajaran yang telah dilakukan.
c. Guru menutup pembelajaran
I. Penilaian
1. Jenis/teknik penilaian: tes tertulis, pengamatan sikap, dan keterampilan.
2. Bentuk instrument dan instrumen: lembar tes tertulis berbentuk essay dengan soal-soal yang dapat diambil di buku siswa atau dikembangkan oleh guru sendiri. Penilaian sikap peserta didik dapat dinilai oleh guru selama proses pembelajaran.
3. Contoh Instrument
a. Lembar pengamatan sikap
b. Instrumen Soal Pengetahuan
Bagi bapak/ ibu atau teman-teman yang ingin mendowload file RPP nya, admin juga membagi link yang dapat di download secara gratis.....Berikut link nya:
Dari contoh RPP di atas, diharapkan bapak/ibu guru atau teman-teman mampu untuk mengembangkan kembali sesuai dengan kondisi siswa dan sekolah masing-masing, agar tujuan pembelajaran dapat terlaksana dengan baik dan sesuai dengan yang diharapkan.
Sekian informasinya semoga dapat membantu bapak/ ibu atau teman-teman dalam menyusun Contoh RPP Pesawat Sederhana SMP Kelas VIII Kurikulum 2013 dengan baik, Terima Kasih
Mengetahui,
Kepala
Sekolah SMP/MTs……
NIP :
|
|
……., ……………..20
Guru Mapel Ilmu Pengetahuan Alam
NIP :
|
trimakasih setelah baca ini ada pencerahan
ReplyDeleteterimakasih, setelah baca ini saya dapat inspirasi
ReplyDeleteCasino Bonus Codes December 2021 | JTHub
ReplyDeleteGet a 50% 밀양 출장안마 deposit match bonus at 강원도 출장마사지 top online 경기도 출장마사지 casino brands ⭐️ Casino 삼척 출장안마 Bonuses ✓ Free Spins 의정부 출장샵 on sign-up ✓ Mobile & Tablet.