Contoh RPP Hukum I, II, III Newton SMP Kurikulum 2013 - Apa kabar sobat, kali ini admin akan berbagi Contoh RPP Hukum I, II, III Newton SMP Kurikulum 2013. Untuk lebih jelasnya silahkan simak Contoh RPP Hukum I, II, III Newton dibawah ini.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMP/MTs...............................
Mata Pelajaran : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Kelas/ Semester : VIII / Semester 1 (satu)
Materi Pokok : Hukum I Newton, Hukum II Newton, dan Hukum III Newton
Alokasi Waktu : 2 JP ( 1 kali TM )
A. Kompetensi Inti
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Mengolah, menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
Bagi bapak/ ibu atau teman-teman yang masih kurang jelas, silahkan download file RPP nya secara gratis di bawah ini.
A. Kompetensi Inti
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Mengolah, menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar
3.1 Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.1 Melakukan penyelidikan tentang gerak, gerak pada makhluk hidup, dan melakukan percobaan tentang pengaruh gaya terhadap gerak.
C. Indikator
3.1.6 Menganalisis peristiwa kelembaman berdasarkan percobaan.
3.1.7 Menyimpulkan hubungan antara gaya dan massa dengan percepatan benda bergerak.
3.1.8 Menyebutkan pasangan gaya aksi dan reaksi.
4.1.10 Mengevaluasi penerapan hukum III Newton dalam kehidupan sehari-hari
D. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, peserta didik diharapkan dapat :
1. Menjelaskan penerapan hukum Newton pada gerak benda.
2. Mendeskripsikan bunyi bunyi hukum I, II, dan III Newton.
3. Menyebutkan contoh penerapan hukum Newton dalam kehidupan sehari-hari.
E. Materi Esensial
1. Secara umum, Newton merumuskan sifat inersia benda ke dalam rumusan Hukum I Newton yang menyatakan bahwa benda yang mengalami resultan gaya bernilai nol akan tetap diam atau bergerak lurus beraturan.
2. Percepatan gerak sebuah benda berbanding lurus dengan gaya yang diberikan, namun berbanding terbalik dengan massanya atau a= (∑F)/m. Pernyataan ini dikenal sebagai Hukum II Newton.
3. Hukum III Newton menyebutkan bahwa ketika benda pertama mengerjakan gaya ke benda kedua, maka benda kedua tersebut akan memberikan gaya yang sama besar ke benda pertama namun berlawanan arah atau gaya aksi dan reaksi bekerja pada dua benda yang berbeda.
F. Pendekatan/Stategi/ Metode
1. Pendekatan : Scientific
2. Model Pembelajaran : Demonstrasi, Ceramah, Learning Cycle.
G. Media, Alat, danSumber Pembelajaran
1. Media : Alat dan bahan percobaan
2. Alat dan bahan
3. Sumber Belajar
a. Buku IPA SMP kelas VIII kurikulum 2013
H. Kegiatan Pembelajaran
1. Pendahuluan (10 menit)
a. Guru member salam dan menyapa peserta didik.
b. Guru bersama peserta didik berdoa sebelum memulai pelajaran.
c. Guru mengabsen kehadiran peserta didik dan memeriksa kesiapan peserta didik untuk mengikuti pelajaran
d. Guru melakukan apersepsi dengan menceritakan kisah Newton saat menemukan Hukum Newton.
e. Guru menyampaikan tujuan pembalajaran kepada peserta didik.
2. Inti (60 menit)
a. Guru mengajukan pertanyaan kepada peserta didik : “Mengapa tukang sulap bisa menarik taplak meja tanpa memecahkan gelas-gelas yang ada diatas meja tersebut”?
b. Guru mengajak siswa untuk membuktikan pertanyaan tersebut dengan mendemonstrasikan hukum kelembaman menggunakan alat dan bahan yang disediakan
c. Peserta didik diminta untuk mengamati jalannya demonstrasi.
d. Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok dan meminta masing-masing kelompok untuk mencoba demonstrasi yang telah dilakukan oleh guru.
e. Guru menanyakan kepada siswa “apa yang dapat kalian pahami dari demonstrasi yang telah dilakukan ?”
f. Guru meminta perwakilan dari masing-masing kelompokuntuk menyampaikan pendapatnya dari demonstrasi yang telah dilakukan.
g. Guru menjelaskan secara singkat mengenai konsep Hukum I Newton dan aplikasinya secara kontekstual.
h. Guru mengajukan pertanyyan yang relevan dengan materi sebelumnya “mengapa memindahkan meja yang besar/berat lebih cepat dilakukan bila dikerjakan oleh 2 orang daripada dilakukan oleh 1 orang ?”
i. Guru menjelaskan secara singkat dan relevan tentang konsep hukum II Newton dan aplikasinya secara kontekstual.
j. Guru menanyakan kepada siswa “mengapa saat kalian memukul dinding, tangan kalian akan terasa sakit ?”
k. Guru menginformasikan serta menjelaskan kepada peserta didik bahwa materi selanjutnya yang akan dibahas adalah hukum III Newton.
l. Guru melakukan Tanya jawab kepada siswa mengenai materi yang belum dipahami.
m. Guru meminta siswa untuk berdiskusi sejenak dengan masing-masing kelompok guna memahami konsep Hukum I, II, dan III Newton.
3. Penutup (10 menit)
a. Peserta didik bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada pertemuan ini.
b. Guru memberikan latihan kepada peserta didik sebagai bahan evaluasi terhadap pembelajaran yang telah dilakukan.
c. Guru menutup pembelajaran
I. Penilaian
1. Jenis/teknik penilaian : tes tertulis dan pengamatan sikap.
2. Bentuk instrument : lembar tes tertulis berbentuk essay dengan soal-soal yang dapat diambil di buku siswa atau dikembangkan oleh guru sendiri. Penilaian sikap peserta didik dapat dinilai oleh guru selama proses pembelajaran.
3. Contoh Instrument
a. Lembar pengamatan sikap
b. Instrumen Soal Pengetahuan
Mengetahui,
Kepala Sekolah SMP/MTs………...
NIP :
|
,
………………..
Guru
Mapel Ilmu Pengetahuan Alam
NIP :
|
Bagi bapak/ ibu atau teman-teman yang masih kurang jelas, silahkan download file RPP nya secara gratis di bawah ini.
Contoh RPP Hukum I, II, III Newton SMP Kurikulum 2013
Dari contoh RPP di atas, diharapkan bapak/ibu guru atau teman-teman mampu untuk
mengembangkan kembali sesuai dengan kondisi siswa dan sekolah masing-masing, agar tujuan
pembelajaran dapat terlaksana dengan baik dan sesuai dengan yang diharapkan.
Sekian informasinya semoga dapat membantu bapak/ ibu atau teman-teman dalammenyusun Rencan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan baik, Terima Kasih
0 Komentar