Contoh RPP Praktikum Bunga Putri Malu Kelas VIII - Apa kabar sobat, kali ini admin akan berbagi Contoh RPP Praktikum Bunga Putri Malu. Untuk lebih jelasnya silahkan simak Contoh RPP Praktikum Bunga Putri Malu dibawah ini.
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMP/MTs...............................
Mata Pelajaran : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Kelas/ Semester : VIII / Semester 1 (satu)
Materi : Gerak pada Mahluk Hidup dan Benda
Alokasi Waktu : 2 JP ( 1 Kali TP)
A. Kompetensi Inti
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Mengolah, menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar
3.1 Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.1 Melakukan penyelidikan tentang gerak, gerak pada makhluk hidup, dan percobaan tentang pengaruh gaya terhadap gerak.
C. Indikator
3.1.1 Menjelaskan jenis gerak pada tumbuhan berdasarkan penyebabnya.
3.1.2 Menganalisis contoh gerak pada tumbuhan berdasarkan penyebabnya dan jenis rangsang yang diterima atau bagian tumbuhan yang menanggapi rangsang
4.1.1 Melakukan penyelidikan pengaruh berbagai rangsang terhadap gerak daun putri malu.
D. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, peserta didik diharapkan dapat :
1. Melalui praktikum siswa dapat mempelajari pengaruh rangsang terhadap gerak putri malu.
2. Melalui praktikum siswa dapat menjelaskan pengaruh berbagai rangsang terhadap putri malu.
3. Melalui praktikum siswa dapat menjelaskan berbagai gerak tumbuhan dan faktor yang mempengaruhinya.
E. Materi Esensial
1. Gerak tumbuhan berdasarkan penyebabnya dibagi menjadi gerak endonom, gerak higroskopis, dan gerak esionom.
2. Gerak endonom (gerak spontan) adalah gerak tumbuhan yang tidak memerlukan rangsang dari luar atau tidak diketahui penyebabnya. Rangsangan pada gerak endonom diduga berasal dari dalam tumbuhan itu sendiri.
3. Gerak higroskopis adalah gerak bagian tubuh tumbuhan karena pengaruh perubahan kadar air di dalam sel sehingga terjadi pengerutan yang tidak merata.
4. Gerak esionom adalah gerak tumbuhan yang disebabkan oleh adanya rangsangan dari lingkungan sekitar.
5. Gerak esionom dibagi menjadi gerak tropisme (yang terdiri dari gerak geotropisme, hidrotropisme, tigmotropisme, foto tropisme, dan gerak kemotropisme), gerak taksis (yang terdiri dari gerak kemotaksis dan fototaksis), dan gerak nasti (yang terdiri dari gerak niktinasti, fotonasti, seismonasti, termonasti, dan nasti kompleks.
F. Pendekatan/Stategi/ Metode
1. Pendekatan : Scientific
2. Model Pembelajaran : Eksperimen, Diskusi, dan Inquiri.
G. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media : Alat dan bahan demonstrasi
2. Alat dan bahan
3. Sumber Belajar : Buku IPA SMP kelas VIII kurikulum 2013
H. Kegiatan Pembelajaran
1. Pendahuluan (10 menit)
a. Guru memberi salam dan menyapa peserta didik.
b. Guru bersama peserta didik berdoa sebelum memulai pelajaran.
c. Guru mengabsen kehadiran peserta didik dan memeriksa kesiapan peserta didik untuk mengikuti pelajaran
d. Guru melakukan apersepsi dan motivasi dengan menunjukkan fenomena atau mengajukan pertanyaan yang relevan dengan materi yang akan dipelajari. “Manusia dan hewan memiliki perilaku gerak yang tidak jauh berbeda. Manusia dan hewan sama-sama bisa berjalan dan menunjukkan gerakan-gerakan yang mudah diamati. Namun bagaimana dengan gerak pada tumbuhan? Bagian apa saja dari tumbuhan yang dapat bergerak ?
e. Guru menyampaikan tujuan pembalajaran kepada peserta didik.
2. Inti (60 menit)
a. Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok, yang beranggotakan 4- 5 siswa.
b. Guru menyuruh siswa membaca LKS yang telah disediakan.
c. Guru memperkenalkan alat dan bahan yang dibutuhkan dalam praktikum.
d. Guru menyuruh tiap kelompok untuk mempersiapkan alat dan bahan yang diperlukan
e. Guru membimbing siswa untuk berdiskusi dan bertanya jawab dalam kelompoknya, dan mengarahkan siswa agar seluruh anggota kelompok paham dan mengerti.
f. Siswa mengumpulkan data melalui praktikum.
g. Siswa berdiskusi dalam menentukan pengaruh berbagai rangsang terhadap putri malu
h. Siswa menyimpulkan hasil percobaannya dalam LKS yang telah disediakan.
i. Masing-masing kelompok menyampaikan laporan hasil kerja dalam LKS, dan mempresentasikan hasil diskusi masing-masing kelompok.
j. Guru melakukan tanya jawab kepada siswa mengenai praktikum yang telah dilakaukan.
3. Penutup (10 menit)
a. Peserta didik bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada pertemuan ini.
b. Guru memberikan penghargaan (misalnya pujian atau bentuk penghargaan lain yang relevan) kepada kelompok yang berkinerja baik.
c. Guru memberikan latihan kepada peserta didik sebagai bahan evaluasi terhadap pembelajaran yang telah dilakukan.
d. Guru menutup pembelajaran
I. Penilaian
1. Jenis/teknik penilaian: tes tertulis, dan pengamatan keterampilan.
2. Bentuk instrumen berupa lembar tes tertulis berbentuk essay dengan soal-soal yang dapat diambil di buku siswa atau dikembangkan oleh guru sendiri. Keterampilan peserta didik dapat dinilai oleh guru selama proses pembelajaran, atau dapat dikembangkan sendiri oleh guru, disesuaikan dengan aspek yang dinilai.
3. Contoh Instrument
a. Format penilaian kinerja melakukan praktikum
Rubrik Penilaian
b. Instrumen Soal Pengetahuan
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Mengolah, menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar
3.1 Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.1 Melakukan penyelidikan tentang gerak, gerak pada makhluk hidup, dan percobaan tentang pengaruh gaya terhadap gerak.
C. Indikator
3.1.1 Menjelaskan jenis gerak pada tumbuhan berdasarkan penyebabnya.
3.1.2 Menganalisis contoh gerak pada tumbuhan berdasarkan penyebabnya dan jenis rangsang yang diterima atau bagian tumbuhan yang menanggapi rangsang
4.1.1 Melakukan penyelidikan pengaruh berbagai rangsang terhadap gerak daun putri malu.
D. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, peserta didik diharapkan dapat :
1. Melalui praktikum siswa dapat mempelajari pengaruh rangsang terhadap gerak putri malu.
2. Melalui praktikum siswa dapat menjelaskan pengaruh berbagai rangsang terhadap putri malu.
3. Melalui praktikum siswa dapat menjelaskan berbagai gerak tumbuhan dan faktor yang mempengaruhinya.
E. Materi Esensial
1. Gerak tumbuhan berdasarkan penyebabnya dibagi menjadi gerak endonom, gerak higroskopis, dan gerak esionom.
2. Gerak endonom (gerak spontan) adalah gerak tumbuhan yang tidak memerlukan rangsang dari luar atau tidak diketahui penyebabnya. Rangsangan pada gerak endonom diduga berasal dari dalam tumbuhan itu sendiri.
3. Gerak higroskopis adalah gerak bagian tubuh tumbuhan karena pengaruh perubahan kadar air di dalam sel sehingga terjadi pengerutan yang tidak merata.
4. Gerak esionom adalah gerak tumbuhan yang disebabkan oleh adanya rangsangan dari lingkungan sekitar.
5. Gerak esionom dibagi menjadi gerak tropisme (yang terdiri dari gerak geotropisme, hidrotropisme, tigmotropisme, foto tropisme, dan gerak kemotropisme), gerak taksis (yang terdiri dari gerak kemotaksis dan fototaksis), dan gerak nasti (yang terdiri dari gerak niktinasti, fotonasti, seismonasti, termonasti, dan nasti kompleks.
F. Pendekatan/Stategi/ Metode
1. Pendekatan : Scientific
2. Model Pembelajaran : Eksperimen, Diskusi, dan Inquiri.
G. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media : Alat dan bahan demonstrasi
2. Alat dan bahan
No
|
Alat dan Bahan
|
Jumlah
|
1.
|
Bunga putri malu
|
1 batang
|
2.
|
Es dibungkus plastik
|
1 bungkus
|
3.
|
Korek api/ lilin
|
1 buah
|
4.
|
stopwatch
|
1 buah
|
H. Kegiatan Pembelajaran
1. Pendahuluan (10 menit)
a. Guru memberi salam dan menyapa peserta didik.
b. Guru bersama peserta didik berdoa sebelum memulai pelajaran.
c. Guru mengabsen kehadiran peserta didik dan memeriksa kesiapan peserta didik untuk mengikuti pelajaran
d. Guru melakukan apersepsi dan motivasi dengan menunjukkan fenomena atau mengajukan pertanyaan yang relevan dengan materi yang akan dipelajari. “Manusia dan hewan memiliki perilaku gerak yang tidak jauh berbeda. Manusia dan hewan sama-sama bisa berjalan dan menunjukkan gerakan-gerakan yang mudah diamati. Namun bagaimana dengan gerak pada tumbuhan? Bagian apa saja dari tumbuhan yang dapat bergerak ?
e. Guru menyampaikan tujuan pembalajaran kepada peserta didik.
2. Inti (60 menit)
a. Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok, yang beranggotakan 4- 5 siswa.
b. Guru menyuruh siswa membaca LKS yang telah disediakan.
c. Guru memperkenalkan alat dan bahan yang dibutuhkan dalam praktikum.
d. Guru menyuruh tiap kelompok untuk mempersiapkan alat dan bahan yang diperlukan
e. Guru membimbing siswa untuk berdiskusi dan bertanya jawab dalam kelompoknya, dan mengarahkan siswa agar seluruh anggota kelompok paham dan mengerti.
f. Siswa mengumpulkan data melalui praktikum.
g. Siswa berdiskusi dalam menentukan pengaruh berbagai rangsang terhadap putri malu
h. Siswa menyimpulkan hasil percobaannya dalam LKS yang telah disediakan.
i. Masing-masing kelompok menyampaikan laporan hasil kerja dalam LKS, dan mempresentasikan hasil diskusi masing-masing kelompok.
j. Guru melakukan tanya jawab kepada siswa mengenai praktikum yang telah dilakaukan.
3. Penutup (10 menit)
a. Peserta didik bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada pertemuan ini.
b. Guru memberikan penghargaan (misalnya pujian atau bentuk penghargaan lain yang relevan) kepada kelompok yang berkinerja baik.
c. Guru memberikan latihan kepada peserta didik sebagai bahan evaluasi terhadap pembelajaran yang telah dilakukan.
d. Guru menutup pembelajaran
I. Penilaian
1. Jenis/teknik penilaian: tes tertulis, dan pengamatan keterampilan.
2. Bentuk instrumen berupa lembar tes tertulis berbentuk essay dengan soal-soal yang dapat diambil di buku siswa atau dikembangkan oleh guru sendiri. Keterampilan peserta didik dapat dinilai oleh guru selama proses pembelajaran, atau dapat dikembangkan sendiri oleh guru, disesuaikan dengan aspek yang dinilai.
3. Contoh Instrument
No
|
Indikator
|
Hasil Penilaian
|
||
3 (baik)
|
2 (cukup)
|
1 (kurang)
|
||
1
|
Menyiapkan alat dan bahan
|
|
|
|
2
|
Melakukan praktikum
|
|
|
|
3
|
Mendeskripsikan pengamatan
|
|
|
|
4
|
Menafsirkan hasil pengamatan
|
|
|
|
5
|
Mempresentasikan hasil praktikum
|
|
|
|
Jumlah
skor yang diperoleh
|
|
No
|
Indikator
|
Rubrik
|
|
1
|
Menyiapkan alat dan bahan
|
3
|
Menyiapkan seluruh alat dan bahan yang dipelukan .
|
2
|
Menyiapkan sebagian alat dan bahan yang dipelukan.
|
||
1
|
Tidak menyiapkan seluruh alat dan bahan yang
dipelukan.
|
||
2
|
Melakukan praktikum
|
3
|
Melakukan praktikum dengan prosedur yang benar.
|
2
|
Melakukan praktikum dengan prosedur yang kurang
benar.
|
||
1
|
Tidak mampu melakukan praktikum dengan benar.
|
||
3
|
Mendeskripsikan pengamatan
|
3
|
Menulis hasil pengamatan dengan benar dan lengkap
|
2
|
Menulis hasil pengamatan benar tapi kurang
lengkap
|
||
1
|
Tidak menulis hasil pengamatan dengan benar dan
lengkap, atau menulis namun kurang lengkap dan tidak benar.
|
||
4
|
Menafsirkan hasil pengamatan
|
3
|
Mampu memberikan penafsiran hasil pengamatan
dengan benar.
|
2
|
Mampu memberikan penafsiran hasil pengamatan tapi
kurang benar.
|
||
1
|
Tidak mampu memberikan penafsiran hasil pengamatan
dengan benar.
|
||
5
|
Mempresentasikan hasil praktikum
|
3
|
Mampu mempresentasikan hasil praktikum dengan
benar, bahasa mudah dimengerti, dan disampaikan secara percaya diri
|
2
|
Mampu mempresentasikan hasil praktikum dengan
benar, bahasa mudah dimengerti, tetapi disampaikan kurang percaya diri
|
||
1
|
Tidak mampu mempresentasikan hasil praktikum
dengan benar, bahasa sulit dimengerti, dan disampaikan secara tidak percaya
diri
|
No
|
Soal
|
Jawaban
|
Sekor
|
1
|
Mengapa tumbuhan dapat
bergerak ?
|
karena dipengaruhi
rangsang
|
40
|
2
|
Apakah
perbedaan gerak endonom,dan esionom? Berilah masing-masing satu contoh
|
a. Gerak Endonom, yaitu gerak yang rangsangnya dari dalam tumbuhan
sendiri. Contoh : gerak sirkulasi klorofil
b. Gerak Esionom, yaitu gerak tumbuhan yang disebabkan oleh adanya
rangsangan dari lingkungan sekitar. . contoh gerak tropisme, gerak taksis,
dan gerak nasti.
|
60
|
Total sekor
|
100
|
Mengetahui,
Kepala
Sekolah SMP/MTs
NIP :
|
|
, ……………….. 20
Guru
Mapel Ilmu Pengetahuan Alam
|
Bagi bapak/ ibu atau teman-teman yang masih kurang jelas, silahkan download file RPP nya secara gratis di bawah ini.
Contoh RPP Praktikum Bunga Putri Malu Kelas VIII
Dari contoh RPP di atas, diharapkan bapak/ibu guru atau teman-teman mampu untuk
mengembangkan kembali sesuai dengan kondisi siswa dan sekolah masing-masing, agar tujuan
pembelajaran dapat terlaksana dengan baik dan sesuai dengan yang diharapkan.
menyusun Rencan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan baik, Terima Kasih
0 Komentar