Contoh RPP Praktikum Bunga Putri Malu Kelas VIII

Contoh RPP Praktikum Bunga Putri Malu Kelas VIII - Apa kabar sobat, kali ini admin akan berbagi Contoh RPP Praktikum Bunga Putri Malu. Untuk lebih jelasnya silahkan simak Contoh RPP Praktikum Bunga Putri Malu dibawah ini. RPP Download

Contoh RPP Praktikum Bunga Putri Malu Kelas VIII - Apa kabar sobat, kali ini admin akan berbagi Contoh RPP Praktikum Bunga Putri MaluUntuk lebih jelasnya silahkan simak Contoh RPP Praktikum Bunga Putri Malu dibawah ini.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan           : SMP/MTs...............................
Mata Pelajaran                 : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Kelas/ Semester               : VIII / Semester 1 (satu)
Materi                              Gerak pada Mahluk Hidup dan Benda
Alokasi Waktu                 : 2 JP ( 1 Kali TP)

A. Kompetensi Inti
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Mengolah, menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B. Kompetensi Dasar 
3.1 Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.1 Melakukan penyelidikan tentang gerak, gerak pada makhluk hidup, dan percobaan tentang pengaruh gaya terhadap gerak.

C. Indikator
3.1.1 Menjelaskan jenis gerak pada tumbuhan berdasarkan penyebabnya.
3.1.2 Menganalisis contoh gerak pada tumbuhan berdasarkan penyebabnya dan jenis rangsang yang diterima atau bagian tumbuhan yang menanggapi rangsang
4.1.1 Melakukan penyelidikan pengaruh berbagai rangsang terhadap gerak daun putri malu.

D. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, peserta didik diharapkan dapat :
1. Melalui praktikum siswa dapat mempelajari pengaruh rangsang terhadap gerak putri malu.
2. Melalui praktikum siswa dapat menjelaskan pengaruh berbagai rangsang terhadap putri malu.
3. Melalui praktikum siswa dapat menjelaskan berbagai gerak tumbuhan dan faktor yang mempengaruhinya.

E. Materi Esensial
1. Gerak tumbuhan berdasarkan penyebabnya dibagi menjadi gerak endonom, gerak higroskopis, dan gerak esionom.
2. Gerak endonom (gerak spontan) adalah gerak tumbuhan yang tidak memerlukan rangsang dari luar atau tidak diketahui penyebabnya. Rangsangan pada gerak endonom diduga berasal dari dalam tumbuhan itu sendiri.
3. Gerak higroskopis adalah gerak bagian tubuh tumbuhan karena pengaruh perubahan kadar air di dalam sel sehingga terjadi pengerutan yang tidak merata.
4. Gerak esionom adalah gerak tumbuhan yang disebabkan oleh adanya rangsangan dari lingkungan sekitar.
5. Gerak esionom dibagi menjadi gerak tropisme (yang terdiri dari gerak geotropisme, hidrotropisme, tigmotropisme, foto tropisme, dan gerak kemotropisme), gerak taksis (yang terdiri dari gerak kemotaksis dan fototaksis), dan gerak nasti (yang terdiri dari gerak niktinasti, fotonasti, seismonasti, termonasti, dan nasti kompleks.

F. Pendekatan/Stategi/ Metode
1. Pendekatan                 : Scientific
2. Model Pembelajaran : Eksperimen, Diskusi, dan Inquiri. 

G. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media                          : Alat dan bahan demonstrasi

2. Alat dan bahan
No
Alat dan Bahan
Jumlah
1.
Bunga putri malu
1 batang
2.
Es dibungkus plastik
1 bungkus
3.
Korek api/ lilin
1 buah
4.
stopwatch
1 buah
3. Sumber Belajar          : Buku IPA SMP kelas VIII kurikulum 2013

H. Kegiatan Pembelajaran
1. Pendahuluan (10 menit)
a. Guru memberi salam dan menyapa peserta didik.
b. Guru bersama peserta didik berdoa sebelum memulai pelajaran.
c. Guru mengabsen kehadiran peserta didik dan memeriksa kesiapan peserta didik untuk mengikuti pelajaran
d. Guru melakukan apersepsi dan motivasi dengan menunjukkan fenomena atau mengajukan pertanyaan yang relevan dengan materi yang akan dipelajari. “Manusia dan hewan memiliki perilaku gerak yang tidak jauh berbeda. Manusia dan hewan sama-sama bisa berjalan dan menunjukkan gerakan-gerakan yang mudah diamati. Namun bagaimana dengan gerak pada tumbuhan? Bagian apa saja dari tumbuhan yang dapat bergerak ?
e. Guru menyampaikan tujuan pembalajaran kepada peserta didik.

2. Inti (60 menit)
a. Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok, yang beranggotakan 4- 5 siswa. 
b. Guru menyuruh siswa membaca LKS yang telah disediakan. 
c. Guru memperkenalkan alat dan bahan yang dibutuhkan dalam praktikum. 
d. Guru menyuruh tiap kelompok untuk mempersiapkan alat dan bahan yang diperlukan
e. Guru membimbing siswa untuk berdiskusi dan bertanya jawab dalam kelompoknya, dan mengarahkan siswa agar  seluruh anggota kelompok paham dan mengerti.
f. Siswa mengumpulkan data melalui praktikum.
g. Siswa berdiskusi dalam menentukan pengaruh berbagai rangsang terhadap putri malu
h. Siswa menyimpulkan hasil percobaannya dalam LKS yang telah disediakan. 
i. Masing-masing kelompok menyampaikan laporan hasil kerja dalam LKS, dan mempresentasikan hasil diskusi masing-masing kelompok.
j. Guru melakukan tanya jawab kepada siswa mengenai praktikum yang telah dilakaukan.

3. Penutup (10 menit)
a. Peserta didik bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada pertemuan ini.
b. Guru memberikan penghargaan (misalnya pujian atau bentuk penghargaan lain yang relevan) kepada kelompok yang berkinerja baik.
c. Guru memberikan latihan kepada peserta didik sebagai bahan evaluasi terhadap pembelajaran yang telah dilakukan.
d. Guru menutup pembelajaran

I. Penilaian
1. Jenis/teknik penilaian: tes tertulis, dan pengamatan keterampilan.
2. Bentuk instrumen berupa lembar tes tertulis berbentuk essay dengan soal-soal yang dapat diambil di buku siswa atau dikembangkan oleh guru sendiri. Keterampilan peserta didik dapat dinilai oleh guru selama proses pembelajaran, atau dapat dikembangkan sendiri oleh guru, disesuaikan dengan aspek yang dinilai.
3. Contoh Instrument

a. Format penilaian kinerja melakukan praktikum
No
Indikator
Hasil Penilaian
3 (baik)
2 (cukup)
1 (kurang)
1
Menyiapkan alat dan bahan
2
Melakukan praktikum
3
Mendeskripsikan pengamatan
4
Menafsirkan hasil pengamatan
5
Mempresentasikan hasil praktikum
Jumlah skor yang diperoleh
Rubrik Penilaian 
No
Indikator
Rubrik
1
Menyiapkan alat dan bahan
3
Menyiapkan seluruh alat dan bahan yang dipelukan .
2
Menyiapkan sebagian alat dan bahan yang dipelukan.
1
Tidak menyiapkan seluruh alat dan bahan yang dipelukan.
2
Melakukan praktikum
3
Melakukan praktikum dengan prosedur yang benar.
2
Melakukan praktikum dengan prosedur yang kurang benar.
1
Tidak mampu melakukan praktikum dengan benar.
3
Mendeskripsikan pengamatan
3
Menulis hasil pengamatan dengan benar dan lengkap
2
Menulis hasil pengamatan benar tapi kurang  lengkap
1
Tidak menulis hasil pengamatan dengan benar dan lengkap, atau menulis namun kurang lengkap dan tidak benar.
4
Menafsirkan hasil pengamatan
3
Mampu memberikan penafsiran hasil pengamatan dengan benar.
2
Mampu memberikan penafsiran hasil pengamatan tapi kurang  benar.
1
Tidak mampu memberikan penafsiran hasil pengamatan dengan benar.
5
Mempresentasikan hasil praktikum
3
Mampu mempresentasikan hasil praktikum dengan benar, bahasa mudah dimengerti, dan disampaikan secara percaya diri
2
Mampu mempresentasikan hasil praktikum dengan benar, bahasa mudah dimengerti, tetapi disampaikan kurang  percaya diri
1
Tidak mampu mempresentasikan hasil praktikum dengan benar, bahasa sulit dimengerti, dan disampaikan secara tidak percaya diri
b. Instrumen Soal Pengetahuan


No
Soal
Jawaban
Sekor
1
Mengapa tumbuhan dapat bergerak ?
karena dipengaruhi rangsang
40
2
Apakah perbedaan gerak endonom,dan esionom? Berilah masing-masing satu contoh
a.      Gerak Endonom, yaitu gerak yang rangsangnya dari dalam tumbuhan sendiri. Contoh : gerak sirkulasi klorofil
b.      Gerak Esionom, yaitu gerak tumbuhan yang disebabkan oleh adanya rangsangan dari lingkungan sekitar. . contoh gerak tropisme, gerak taksis, dan gerak nasti.
60
Total sekor
100
Mengetahui,
Kepala Sekolah SMP/MTs
NIP :  
, ………………..  20
Guru Mapel Ilmu Pengetahuan Alam
                


Bagi bapak/ ibu atau teman-teman yang masih kurang jelas, silahkan download file RPP nya secara gratis di bawah ini.
Contoh RPP Praktikum Bunga Putri Malu Kelas VIII 

Dari contoh RPP di atas, diharapkan bapak/ibu guru atau teman-teman mampu untuk
mengembangkan kembali sesuai dengan kondisi siswa dan sekolah masing-masing, agar tujuan
pembelajaran dapat terlaksana dengan baik dan sesuai dengan yang diharapkan.

menyusun Rencan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan baik, Terima Kasih 
Previous
Next Post »
0 Komentar