Contoh RPP Pesawat Sederhana SMP Kelas VIII Kurikulum 2013





Contoh RPP Pesawat Sederhana SMP Kelas VIII Kurikulum 2013 - Sebagai pedoman dalam melaksanakan pembelajaran di kelas. Pada Kesempatan kali ini admin akan berbagi tentang Contoh RPP Pesawat Sederhana SMP Kelas VIII Kurikulum 2013. Untuk lebih jelasnya silahkan simak Contoh RPP Pesawat sederhana dibawah ini.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan           : SMP/MTs...............................
Mata Pelajaran                 : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Kelas/ Semester               : VIII / Semester 1 (satu)
Materi Pokok                   Pesawat  Sederhana   
Alokasi Waktu                 : 2 JP



A. Kompetensi Inti


3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

B. Kompetensi Dasar
4.5 Melakukan penyelidikan tentang keuntungan mekanik pada pesawat sederhana.

C. Indikator Pencapaian Kompetensi
3.5.1 Mengidentifikasi jenis pesawat sederhana yang terdapat di sekitar peserta didik.
3.5.2 Mendeskripsikan kegunaan pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari.
4.5.1 Menyelidiki keuntungan mekanik pesawat sederhana.

D. Tujuan Pembelajaran 
1. Melalui praktikum siswa dapat mempelajari keseimbangan dan keuntungan mekanik pada tuas
2. Melalui praktikum siswa dapat mempelajari kegunaan katrol tunggal sebagai alat bantu kerja mekanis dan keuntungan mekanisnya.
3. Melalui praktikum siswa dapat menyelidiki sifat gaya-gaya mekanis pada bidang miring. 

E. Materi Esensia
Macam-macam Pesawat Sederhana dan Keuntungan Mekaniknya

1. Katrol
Ada tiga jenis katrol yaitu, katrol tetap tunggal, katrol bebas tunggal, dan katrol gabungan atau majemuk.
Keuntungan mekanik katrol tetap sama dengan 1. Jadi, katrol tetap tunggal tidak menggandakan gaya kuasa.
Keuntungan mekanik dari katrol bebas lebih besar daripada 1. Pada kenyataannya keuntungan mekanik dari katrol bebas tunggal sama dengan 2.
Keuntungan mekanik dari katrol majemuk sama dengan jumlah tali yang menyokong berat beban.

2. Roda berporos
Roda berporos memiliki fungsi untuk mempercepat gaya.
3. Bidang miring
Keuntungan mekanik bidang miring dapat dihitung dengan membagi jarak kuasa dengan jarak beban
4. Pengungkit
Keuntungan mekanik pengungkit dapat dihitung dengan membagi panjang lengan kuasa dengan panjang lengan beban.
Contoh Pesawat Sederhana yang ada di sekitar Peserta Didik
Ada banyak sekali contoh pesawat sederhana yang ada di sekitar siswa.

  • Gunting, termasuk pengungkit jenis pertama.
  • Pisau, termasuk bidang miring.
  • Tangga, termasuk bidang miring.
  • Katrol tunggal yang terpasang pada sumur, termasuk katrol tunggal.
  • Sekrup, termasuk bidang miring.
  • Steples, termasuk pengungkit jenis ketiga.
  • Gear sepeda, termasuk roda berporos.
  • Dongkrak mobil, termasuk pengungkit jenis ketiga. Dst.
Prinsip Kerja Pesawat Sederhana pada Otot dan Rangka Manusia. Pada saat manusia melakukan suatu aktivitas, maka otot, tulang dan sendi akan bekerja bersama-sama. Prinsip kerja ketiganya seperti sebuah pengungkit, dimana tulang sebagai lengan, sendi sebagai titik tumpu dan kontraksi dan relaksasi otot memberikan gaya untuk menggerakkan bagian tubuh.

F. Pendekatan/Stategi/ Metode
        1. Pendekatan                 : Scientific
        2. Model Pembelajaran : Eksperimen, Diskusi, dan Inquiri. 

G. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
        1. Media                              : Charta , Komputer, LCD
        2. Alat dan bahan                : Alat dan Bahan Praktikum Pesawat sederhana 

        3. Sumber Belajar
                a. Buku IPA SMP kelas VIII kurikulum 2013
                b. Buku Pedoman Praktikum Mekanika SMP

H. Kegiatan Pembelajaran 

1. Pendahuluan (15 menit)
a. Guru memberi salam dan menyapa peserta didik.
b. Guru mengabsen kehadiran peserta didik. 
c. Guru mengkondisikan kelas secara fisik / psikis
d. Guru menyampaikan tujuan praktikum. 
2. Inti (55 menit)
a. Siswa membentuk kelompok, yang beranggotakan 8- 9 siswa. 
b. Guru menyuruh siswa membaca LKS yang telah disediakan. 
c. Guru memperkenalkan alat dan bahan yang dibutuhkan dalam praktikum. 
d. Guru menyuruh perwakilan kelompok untuk mengambil alat dan bahan yang diperlukan
e. Guru membimbing siswa untuk berdiskusi dan bertanya jawab dalam kelompoknya, dan                     mengarahkan siswa agar  seluruh anggota kelompok paham dan mengerti.
f. Siswa mengumpulkan data melalui praktikum.
g. Siswa berdiskusi dalam menentukan keuntungan mekanik berbagai jenis pesawat sederhana. 
h. Siswa menyimpulkan hasil percobaannya dalam LKS yang telah disediakan. 
i. Masing-masing kelompok menyampaikan laporan hasil kerja dalam LKS, dan                                       mempresentasikannya di depan kelas.

3. Penutup(10 menit)
a. Guru memberikan latihan kepada peserta didik
b. Peserta didik bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada pertemuan ini.
c. Guru memberikan penghargaan (misalnya pujian atau bentuk penghargaan lain yang relevan)             kepada kelompok yang berkinerja baik.
d. Guru menyampaikan informasi materi pada pertemuan berikutnya. 
e. Guru menutup pembelajaran.

I.       Penilaian 
1. Jenis/teknik penilaian: tes tertulis, dan pengamatan keterampilan.
2. Bentuk instrumen  berupa lembar tes tertulis berbentuk essay dengan soal-soal yang dapat               diambil di buku siswa atau dikembangkan oleh guru sendiri. Keterampilan peserta didik dapat             dinilai oleh guru selama proses pembelajaran, atau dapat dikembangkan sendiri oleh guru, 

3. Contoh Instrument
         a. Format penilaian kinerja melakukan praktikum
No
Aspek yang dinilai
Kelompok
I
II
III
IV
1
Merangkai Alat
2
Pengamatan
3
Data yang diperoleh
4
Kesimpulan
Rubrik Penilaian 
         b. Instrumen Soal Pengetahuan 

No
Soal
Kunci Jawaban
1
Keuntungan mekanis pada tuas dua lengan dipengaruhi oleh
Panjang lengan kuasa, panjang lengan beban serta berat benda dan gaya kuasa.
Skor
20
2
Sebuah pengungkit mempunyai panjang lengan gaya (kuasa) 150 cm dan lengan beban 50 cm, maka keuntungan mekanisnya adalah
Skor
30
3
Keuntungan mekanis dari sebuah katrol tetap adalah
Keuntungan mekanis dari katrol tetap bernilai 1
Skor
20
4
Sebuah katrol tetap digantung beban seberat 2 Newton, bila gaya kuasa yang diperlukan adalah 2 Newton, maka keuntungan mekanis katrol tetap tersebut adalah
Skor
30
TOTAL
100
Mengetahui,
Kepala Sekolah SMP/MTs……………
NIP : 
, ………………..  20
Guru Mapel Ilmu Pengetahuan Alam
                    NIP:
Bagi bapak/ ibu atau teman-teman yang masih kurang jelas, silahkan download file RPP nya secara gratis di bawah ini. 
Dari contoh RPP di atas, diharapkan bapak/ibu guru atau teman-teman mampu untuk mengembangkan kembali sesuai dengan kondisi siswa dan sekolah masing-masing, agar tujuan pembelajaran dapat terlaksana dengan baik dan sesuai dengan yang diharapkan.
Sekian informasinya semoga dapat membantu bapak/ ibu atau teman-teman dalam menyusun Rencan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan baik, Terima Kasih 

Previous
Next Post »
0 Komentar