RPP Bahan Serat dan Bahan Karet SMP Kelas VIII - Apa kabar sobat, kali ini admin akan berbagi Bahan Serat dan Bahan Karet. Untuk lebih jelasnya silahkan simak Bahan Serat dan Bahan Karet dibawah ini.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMP/MTs...............................
Mata Pelajaran : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Kelas/ Semester : VIII / Semester 1 (satu)
Materi : Sifat Bahan dan Pemanfaatannya dalam Kehidupan
Sub Materi : Bahan Serat dan Bahan Karet
Sub Materi : Bahan Serat dan Bahan Karet
Alokasi Waktu : 3 JP
A. Kompetensi Inti
1. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
B. Kompetensi Dasar
1. Mendiskripsikan keteraturan sifat bahan dan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari, serta pengaruh pemanfaatan bahan tertentu terhadap kesehatan manusia.
C. Indikator
1. Menyebutkan contoh-contoh bahan penyusun peralatan yang dipakai dalam kehidupan sehari-hari
2. Menjelaskan sifat bahan serat
3. Menjelaskan kegunaan bahan serat dalam kehidupan sehari-hari
4. Menjelaskan sifat bahan karet
5. Menjelaskan kegunaan bahan karet dalam kehidupan sehari-hari
6. Menjelaskan pengaruh pemanfaatan bahan karet terhadap kesehatan manusia.
D. Tujuan Pembelajaran
1. Melalui buku siswa peserta didik dapat menyebutkan contoh-contoh bahan penyusun peralatan yang dipakai dalam kehidupan sehari-hari.
2. Melalui pengamatan dari beberapa kain perca, peserta didik dapat menentukan sifat-sifat bahan serat
3. Melalui diskusi kelompok, peserta didik dapat menjelaskan kegunaan bahan serat dalam kehidupan sehari-hari
4. Melalui pengamatan berbagai bahan yang terbuat dari karet peserta didik dapat menjelaskan sifat-sifat bahan karet
5. Melalui diskusi kelompok peserta didik dapat menjelaskan kegunaan bahan karet dalam kehidupan sehari-hari.
E. Materi
1. Alat-alat yang kita pakai dalam kegiatan sehari-hari terbuat dari bahan yang berbeda-beda, ada yang terbuat dari logam dan ada yang dari non logam. Bahan non logam dibedakan menjadi polimer, keramik, gelas, bahan biologi atau biomaterial dan lain sebagainya. Polimer tersusun dari beberapa monomer. Monomer adalah kelompok kecil molekul yang dapat dirangkaikan menjadi polimer. Polimer dibedakan menjadi dua yaitu polimer alami dan polimer sintetis.
2. Jenis-jenis serat:
a. Serat alami
Serat alami diperoleh dari tumbuhan, hewan dan mineral.
Serat tumbuhan diperoleh dari selulosa tumbuhan misal kapas, kapuk dan rami.
Serat hewan berupa serat protein dapat diperoleh dari rambut domba, benang jala yang dihasilkan oleh laba-laba, dan kepompong ulat sutera.
b. Serat sintetis merupakan serat yang dibuat oleh manusia, bahan dasarnya tidak tersedia secara langsung dari alam. Contohnya kain yang terbuat dari serat sintetis adalah rayon, polyster, dakron dan nilon.
3. Karet dibagi menjadi 2, yaitu karet alam dan karet sintetis.
a. Karet alam empunyai banyak sifat unggul. Karet alam memiliki daya elastis atau daya lenting yang baik, plastisitas yang baik, mudah pengolahannya, tidak mudah aus(tidak mudah habis karena gesekan) dan tidak mudah panas. Sifat unggul lain dari karet alami, yaitu karet alam juga memiliki daya tahan yang tinggi terhadap keretakan, tahan hentakan yang berulang ulang, serta daya lengket yang tinggi terhabap berbagai bahan. Dalam bidang industri, karet alam punya peran yang sangat besar. Contohnya adalah ban dari bahan baku utamanya adalah karet alam murni.
b. Karet sintetis terbuat dari bahan baku yang berasal dari minyak bumi, batubara, minyak, gas alam, dan acetylene. Banyak dari karet sintetis adalah kopolimer, yaitu polimer yang terdiri dari lebih dari satu jenis monomer. Karet sintetis dapat digunakan untuk berbagai keperluan, bahkan dapat menggantikan fungsi karet alam. Karet sintetis mempunyai beberapa keunggulan dibanding karet alam, yaitu tahan terhadap suhu tinggi/panas, minyak, pengaruh udara, dan kedap gas.
F. Media, Alat, Dan Sumber Pembelajaran
1. Media
- a. Laptop b. LCD c. Infokus
2. Alat dan bahan
a. Beberapa jenis kain perca, f. dot bayi,
b. lilin, g. minyak tanah,
c. korek api, h. gelas,
d. gelang karet, i. air.
e. karet penghapus,
3. Sumber Belajar
a. Buku IPA SMP Kelas VIII, Puskurbuk 2013
b. LKS Bahan serat
c. LKS Bahan karet
G. Kegiatan Pemebelajaran
H. Penilaian
1. Metode dan Bentuk Instrumen.
a. Lembar pengamatan sikap.
Lembar pengamatan sikap pada saat pengamatan
Lembar pengamatan sikap pada saat Diskusi
Cara pengisian lembar penilaian sikap adalah dengan memberikan skor pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan terhadap peserta didik selama kegiatan yaitu:
Skor 1 : jika tidak pernah berperilaku dalam kegiatan.
Skor 2 : jika kadang-kadang berperilaku dalam kegiatan
Skor 3 : jika sering berperilaku dalam kegiatan
Skor 4 : jika selalu berperilaku dalam kegiatan
A. Kompetensi Inti
1. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
B. Kompetensi Dasar
1. Mendiskripsikan keteraturan sifat bahan dan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari, serta pengaruh pemanfaatan bahan tertentu terhadap kesehatan manusia.
C. Indikator
1. Menyebutkan contoh-contoh bahan penyusun peralatan yang dipakai dalam kehidupan sehari-hari
2. Menjelaskan sifat bahan serat
3. Menjelaskan kegunaan bahan serat dalam kehidupan sehari-hari
4. Menjelaskan sifat bahan karet
5. Menjelaskan kegunaan bahan karet dalam kehidupan sehari-hari
6. Menjelaskan pengaruh pemanfaatan bahan karet terhadap kesehatan manusia.
D. Tujuan Pembelajaran
1. Melalui buku siswa peserta didik dapat menyebutkan contoh-contoh bahan penyusun peralatan yang dipakai dalam kehidupan sehari-hari.
2. Melalui pengamatan dari beberapa kain perca, peserta didik dapat menentukan sifat-sifat bahan serat
3. Melalui diskusi kelompok, peserta didik dapat menjelaskan kegunaan bahan serat dalam kehidupan sehari-hari
4. Melalui pengamatan berbagai bahan yang terbuat dari karet peserta didik dapat menjelaskan sifat-sifat bahan karet
5. Melalui diskusi kelompok peserta didik dapat menjelaskan kegunaan bahan karet dalam kehidupan sehari-hari.
E. Materi
1. Alat-alat yang kita pakai dalam kegiatan sehari-hari terbuat dari bahan yang berbeda-beda, ada yang terbuat dari logam dan ada yang dari non logam. Bahan non logam dibedakan menjadi polimer, keramik, gelas, bahan biologi atau biomaterial dan lain sebagainya. Polimer tersusun dari beberapa monomer. Monomer adalah kelompok kecil molekul yang dapat dirangkaikan menjadi polimer. Polimer dibedakan menjadi dua yaitu polimer alami dan polimer sintetis.
2. Jenis-jenis serat:
a. Serat alami
Serat alami diperoleh dari tumbuhan, hewan dan mineral.
Serat tumbuhan diperoleh dari selulosa tumbuhan misal kapas, kapuk dan rami.
Serat hewan berupa serat protein dapat diperoleh dari rambut domba, benang jala yang dihasilkan oleh laba-laba, dan kepompong ulat sutera.
b. Serat sintetis merupakan serat yang dibuat oleh manusia, bahan dasarnya tidak tersedia secara langsung dari alam. Contohnya kain yang terbuat dari serat sintetis adalah rayon, polyster, dakron dan nilon.
3. Karet dibagi menjadi 2, yaitu karet alam dan karet sintetis.
a. Karet alam empunyai banyak sifat unggul. Karet alam memiliki daya elastis atau daya lenting yang baik, plastisitas yang baik, mudah pengolahannya, tidak mudah aus(tidak mudah habis karena gesekan) dan tidak mudah panas. Sifat unggul lain dari karet alami, yaitu karet alam juga memiliki daya tahan yang tinggi terhadap keretakan, tahan hentakan yang berulang ulang, serta daya lengket yang tinggi terhabap berbagai bahan. Dalam bidang industri, karet alam punya peran yang sangat besar. Contohnya adalah ban dari bahan baku utamanya adalah karet alam murni.
b. Karet sintetis terbuat dari bahan baku yang berasal dari minyak bumi, batubara, minyak, gas alam, dan acetylene. Banyak dari karet sintetis adalah kopolimer, yaitu polimer yang terdiri dari lebih dari satu jenis monomer. Karet sintetis dapat digunakan untuk berbagai keperluan, bahkan dapat menggantikan fungsi karet alam. Karet sintetis mempunyai beberapa keunggulan dibanding karet alam, yaitu tahan terhadap suhu tinggi/panas, minyak, pengaruh udara, dan kedap gas.
F. Media, Alat, Dan Sumber Pembelajaran
1. Media
- a. Laptop b. LCD c. Infokus
2. Alat dan bahan
a. Beberapa jenis kain perca, f. dot bayi,
b. lilin, g. minyak tanah,
c. korek api, h. gelas,
d. gelang karet, i. air.
e. karet penghapus,
3. Sumber Belajar
a. Buku IPA SMP Kelas VIII, Puskurbuk 2013
b. LKS Bahan serat
c. LKS Bahan karet
G. Kegiatan Pemebelajaran
Kegiatan
|
Langkah-langkah Model Discovery
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Menciptakan
situasi (stimulasi)
|
Pemusatan
perhatian peserta didik dengan cara:
1. Guru memperlihatkan tayangan
gambar tentang berbagai macam peralatan yang terbuat dari berbagai bahan
2. Guru memancing peserta didik
agar mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan tayangan.
3. Guru melakukan apersepsi sesuai
dengan tayangan.
4. Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran dan cakupan materi
|
15 Menit
|
Inti
|
Pembahasan
tugas dan identifikasi masalah
Observasi
Pengumpulan
Data
Pengolahan
Data dan analisis
Verifikasi
Generalisasi
|
1. Menyampaikan informasi tentang
kegiatan yang akan dilakukan yaitu pengamatan bahan serat dan karet dengan
metode pengamatan.
2. Membagi peserta didik menjadi 6
kelompok.
3. Diskusi kelompok untuk mengkaji
LKS tentang bahan serat dan bahan karet.
4. Peserta didik secara
berkelompok menyelidiki beberapa sifat sebelum dan setelah mendapatkan
perlakuan pada bahan serat dan bahan karet.
Mencatat
data hasil pengamatan pada kolom yang tersedia pada LKS tentang identifikasi serat
Menganalisis
data dengan cara menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada pada LKS tentang identifikasi
bahan serat
·
Presentasi
hasil pengamatan dan
menyamakan persepsi yang ada pada buku sumber.
·
Diskusi
tentang bahan serat dan karet berdasar hasil data pengamatan dan mencocokkan
dengan konsep pada buku sumber
Membuat
kesimpulan tentang bahan serat dan karet
Peserta
didik mempresentasikan hasil kerja kelompok
|
90
Menit
|
Penutup
|
|
·
Peserta
didik dan guru mereview hasil kegiatan pembelajaran
·
Guru
memberi penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja baik
·
Pemberian
tugas mandiri, membaca sub topik bahan tanah liat dan keramik
|
15
Menit
|
1. Metode dan Bentuk Instrumen.
Metode
|
Bentuk Instrumen
|
Sikap
|
Lembar
pengamatan sikap dan rubrik
|
Tes
tulis
|
Tes
uraian dan pilihan ganda
|
Lembar pengamatan sikap pada saat pengamatan
No
|
Nama Peserta Didik
|
Disiplin
|
Teliti
|
Kerja sama
|
Jumlah skor
|
1.
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
No
|
Nama Peserta Didik
|
Kerja sama
|
Santun
|
Proaktif
|
Jumlah skor
|
1.
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
Skor 1 : jika tidak pernah berperilaku dalam kegiatan.
Skor 2 : jika kadang-kadang berperilaku dalam kegiatan
Skor 3 : jika sering berperilaku dalam kegiatan
Skor 4 : jika selalu berperilaku dalam kegiatan
Predikat
|
Nilai
|
Sangat
Baik ( SB )
|
80
≤ AB ≤ 100
|
Baik
( B )
|
70
≤ AB ≤ 79
|
Cukup
( C )
|
60
≤ AB ≤ 69
|
Kurang
( K )
|
< 60
|
b. Instrumen Penilaian Pengetahuan
A. Soal pilihan ganda
1. Baju seragam bagi tenaga lapangan yang bekerja di terik matahari , banyak mengeluarkan
keringat, dan bekerja siang malam, maka diperlukan baju yang terbuat dari bahan ....
a. polyester
b. serat wool
c. serat kapas
d. serat nilon
2. Ban kendaraan yang beroperasi di hutan belantara , tanah rawa, jalannya berliku, memerlukan
kekuatan ban yang tahan selip, tahan goresan dengan bebatuan, tahan terhadap tekanan beban
yang berat. Ban kendaraan tersebut sangat cocok bila dibuat dari bahan ...
a. karet sintetis jenis NBR
b. karet sintetis jenis CR
c. karet sintetis jenis IIR
d. karet alami
3. Industri tenun di masyarakat peternak domba memproduksi baju hangat yang terbuat dari
bahan bulu domba. Bahan tersebut merupakan ....
a. serat protein hewan
b. serat protein tumbuhan
c. wol dari protein tumbuhan
d. kapas dari protein hewan
4. Aneka industri tekstil di masyarakat pedalaman umumnya jika membuat kostum budaya adat
diwajibkan menggunakan bahan baku 100% dari serat alami. Serat tersebut berasal dari...
a. nilon, rambut, wool
b. kapas, rambut, polyester
c. kapas, rambut, nilon
d. kapas, rambut, wool
5. Baru baru ini ditemukan bahan serat dengan karakteristik lembut, mengkilat, tidak mudah
kusut, kurang tahan terhadap sinar matahari, daya serap yang bagus, tidak mudah berjamur,
dan apabila dibakar berbau seperti rambut. Berdasarkan karakteristik tersebut, dapat disimpulkan bahwa bahan tersebut adalah...
a. serat sutera
b. serat kapas
c. serat linen
d. serat wool
B. Soal Uraian
1. Menurut kamu, lebih baik menggunakan karet alam atau karet sintetis bila ditinjau dari
ketersediaan bahannya
2. Menurut kamu, kombinasi bahan karet apakah yang bisa dipakai sehingga dapat menghasilkan
bahan baru yang memilikisifat lentur tetapi kuat?
3. Jelaskan sifat sifat serat alami yang kamu ketahui!
4. Jelaskan sifat karet alami yang kamu ketahui!
Kunci Jawaban
A. soal Pilhan ganda
1. C
2. D
3. A
4. D
5. A
Skor maksimal : betul x 4 = 20
B. Uraian
1. karet alami, karena karet alami dapat diperbaharui sementara karet sintetis tidak
2. serat dan karet
3. kuat, padat, mudah kusut, dan tahan penyeterikaan
4. memiliki daya elastis tinggi, mudah pengolahannya, tidak mudah aus, dan tidak mudah panas.
No
|
Uraian
|
Skor
|
1
|
Jika
mampu menyebutkan jawaban secara benar dan urut
|
20
|
2
|
Jika
mampu menjelaskan semua dengan benar
|
20
|
3
|
Jika
mampu menyebutkan jawaban dengan benar
|
20
|
4
|
Jika
mampu menyebutkan jawaban dengan benar
|
20
|
Total
|
80
|
Nilai Akhir = Skor Pilihan ganda + skor uraian =100
Mengetahui,
Kepala
Sekolah SMP/MTs
NIP :
|
|
, ……………….. 20
Guru
Mapel Ilmu Pengetahuan Alam
|
Bagi bapak/ ibu atau teman-teman yang masih kurang jelas, silahkan download file RPP nya secara gratis di bawah ini.
RPP Bahan Serat dan Bahan Karet SMP Kelas VIII
Dari contoh RPP di atas, diharapkan bapak/ibu guru atau teman-teman mampu untuk
mengembangkan kembali sesuai dengan kondisi siswa dan sekolah masing-masing, agar tujuan
pembelajaran dapat terlaksana dengan baik dan sesuai dengan yang diharapkan.
menyusun Rencan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan baik, Terima Kasih
0 Komentar