RPP Perubahan Benda Disekitar Kita Kelas VII

RPP Perubahan Benda Disekitar Kita Kelas VII - Apa kabar sobat, kali ini admin akan berbagi RPP Perubahan Benda Disekitar Kita. Untuk lebih jelasnya silahkan simak RPP Perubahan Benda Disekitar Kita dibawah ini. Download RPP


RPP Perubahan Benda Disekitar Kita Kelas VII - Apa kabar sobat, kali ini admin akan berbagi RPP Perubahan Benda Disekitar Kita. Untuk lebih jelasnya silahkan simak RPP Perubahan Benda Disekitar Kita dibawah ini.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan           : SMP/MTs...............................
Mata Pelajaran                 : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Kelas/ Semester               : VII / Semester 1 (satu)
Materi Pokok                   Perubahan benda-benda disekitar kita
Alokasi Waktu                 : 2 JP ( 1 kali TM )


A. Kompetensi Inti

1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.

3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

4. Mengolah, menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.


B. Kompetensi Dasar 
3.1 Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
3.5 Memahami karakteristik zat, serta perubahan fisika dan kimia pada zat yang dapat dimanfaatkan untuk kehidupan sehari-hari

C. Indikator
3.5.1 Menganalisis fenomena perubahan fisika dan kimia dalam kehidupan sehari-hari.
3.5.2 Menentukan ciri-ciri perubahan fisika dan kimia.
3.5.3 Mengidentifikasi beberapa contoh perubahan fisika dalam kehidupan sehari-hari.
4.5.4 Membedakan antara perubahan fisika dan perubahan kimia.
No.
Perubahan Fisika
Perubahan Kimia
1.
Tidak terbentuk zat baru.
Terbentuk zat baru.
2.
Komposisi materi tidak berubah.
Komposisi materi sebelum dan sesudah reaksi mengalami perubahan.
3.
Tidak terjadi perubahan warna, bau, rasa, dan tidak terbentuk endapan.
Ditandai dengan terbentuknya gas, endapan, perubahan suhu, perubahan warna, perubahan bau, dan perubahan rasa.

D. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, peserta didik diharapkan dapat :
1. Peserta didik dapat melakukan percobaan tentang perubahan fisika.
2. Peserta didik dapat menyajikan hasil pengamatan mengidentifikasi, dan mengomunikasikan hasil observasi tentang perubahan fisika.
3. Peserta didik dapat menjelaskan pengertian perubahan fisika serta menyebutkan beberapa contohnya dalam kehidupan sehari-hari.
4. Peserta didik dapat menjelaskan sifat fisika dan sifat kimia benda yang ada di sekitarnya.

E. Materi Esensial
1. Ciri khas suatu zat yang dapat diamati tanpa mengubah zat-zat penyusun materi tersebut, dinamakan sifat fisika.
2. Perubahan fisika adalah perubahan pada zat yang tidak menghasilkan zat/ senyawa baru, contohnya lilin yang meleleh.
3. Sifat fisika suatu benda, antara lain : Wujud zat, warna , kelarutan, daya hantar listrik, kemagnetan, 
4. Terdapat beberapa ciri-ciri pada perubahan fisika, yaitu: tidak terbentuk zat jenis baru, zat yang berubah dapat kembali ke bentuk semula, hanya diikuti perubahan sifat fisika saja
5. Sifat kimia adalah ciri-ciri suatu zat yang berhubungan dengan terbentuknya zat baru. 
6. Perubahan kimia adalah perubahan pada zat yang menghasilkan zat jenis baru
7. Sifat kimia suatu benda antara lain : mudah terbakar, busuk dan asam, berkarat, mudah meledak, beracun
8. Terdapat beberapa ciri-ciri perubahan kimia suatu zat yaitu: terbentuk zat/senyawa baru., zat yang berubah tidak dapat kembali ke bentuk semula, diikuti oleh perubahan sifat kimia melalui reaksi kimia, terdapat gelembung gas, terbentuk endapan, terdapat perubahan suhu, dan terdapat perubahan warna.
9. Perbedaan Perubahan Fisika dan Perubahan Kimia
10. Contoh-contoh Perubahan Materi di Alam
No.
Perubahan Fisika
Perubahan Kimia
1.
Beras diubah menjadi tepung.
Singkong menjadi tape.
2.
Kayu diubah menjadi kursi.
Pembakaran kayu.
3.
Gula dilarutkan dalam air.
Makanan berubah menjadi basi.
4.
Bola lampu listrik menyala.
Susu diubah menjadi keju.
5.
Air berubah menjadi es.
Besi berkarat.

F. Pendekatan/Stategi/ Metode
1. Pendekatan : Scientific
2. Model Pembelajaran : Demonstrasi, Ceramah, Diskusi kelompok. 

G. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media : Alat dan bahan demonstrasi
No
Alat dan Bahan
Jumlah
1.
Korek api
1 buah
2.
Lilin
1 buah
3.
Kertas
1 buah

2. Alat dan bahan
3. Sumber Belajar
a. Buku IPA SMP kelas VIII kurikulum 2013

H. Kegiatan Pembelajaran
1. Pendahuluan (10menit)
a. Guru member salam dan menyapa peserta didik.
b. Guru bersama peserta didik berdoa sebelum memulai pelajaran.
c. Guru mengabsen kehadiran peserta didik dan memeriksa kesiapan peserta didik untuk mengikuti pelajaran
d. Guru melakukan apersepsi dengan menceritakan pengalaman sehari-hari yang berkaitan dengan materi yang akan dipelajari.
e. Guru menyampaikan tujuan pembalajaran kepada peserta didik.

2. Inti (60 menit)
a. Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok yang beranggotakan 4-5 orang.
b. Guru mendemonstrasikan perubahan fisika dan kimia dengan alat dan bahan yang telah disiapkan.
c. Peserta didik diminta untuk mengamati jalannya demonstrasi.
d. Guru menanyakan kepada siswa “apa yang dapat kalian amati dari demonstrasi tersebut ?” dan meminta perwakilan dari kelompok untuk menyampaikan pendapatnya.
e. Guru menjelaskan secara singkat konsep perubahan fisika dan kimia dan contohnya dalam kehidupan sehari-hari.
f. Guru menjelaskan sifat-sifat perubahan fisika dan kimia benda beserta perbedaannya.
g. Guru melakukan tanya jawab kepada siswa mengenai materi yang belum dipahami.
h. Guru meminta siswa untuk berdiskusi sejenak dengan masing-masing kelompok guna memahami konsep perubahan fisika dan kimia.

3. Penutup (10 menit)
a. Peserta didik bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada pertemuan ini.
b. Guru memberikan latihan kepada peserta didik sebagai bahan evaluasi terhadap pembelajaran yang telah dilakukan.
c. Guru menutup pembelajaran

I. Penilaian
1. Jenis/teknik penilaian: tes tertulis, pengamatan sikap, dan keterampilan.
2. Bentuk instrument dan instrumen: lembar tes tertulis berbentuk essay dengan soal-soal yang dapat diambil di buku siswa atau dikembangkan oleh guru sendiri. Penilaian sikap peserta didik dapat dinilai oleh guru selama proses pembelajaran. 
3. Contoh Instrument
a. Lembar pengamatan sikap
RPP Perubahan Benda Disekitar Kita Kelas VII - Apa kabar sobat, kali ini admin akan berbagi RPP Perubahan Benda Disekitar Kita. Untuk lebih jelasnya silahkan simak RPP Perubahan Benda Disekitar Kita dibawah ini. Download RPP

b. Instrumen Soal Pengetahuan
RPP Perubahan Benda Disekitar Kita Kelas VII - Apa kabar sobat, kali ini admin akan berbagi RPP Perubahan Benda Disekitar Kita. Untuk lebih jelasnya silahkan simak RPP Perubahan Benda Disekitar Kita dibawah ini. Download RPP

Mengetahui,
      Kepala Sekolah SMP/MTs………...
      NIP :  
, ………………..  20
Guru Mapel Ilmu Pengetahuan Alam
      NIP :  


Bagi bapak/ ibu atau teman-teman yang masih kurang jelas, silahkan download file RPP nya secara gratis di bawah ini.
RPP Perubahan Benda Disekitar Kita Kelas VII

Dari contoh RPP di atas, diharapkan bapak/ibu guru atau teman-teman mampu untuk
mengembangkan kembali sesuai dengan kondisi siswa dan sekolah masing-masing, agar tujuan
pembelajaran dapat terlaksana dengan baik dan sesuai dengan yang diharapkan.

menyusun Rencan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan baik, Terima Kasih 
Previous
Next Post »
0 Komentar